Saturday, June 12, 2010

Apa itu Cache dan Cache Server

Apa itu Cache dan Cache Server?

 Ada pengguna membuka browser dan mengetikkan URL http://www.google.com/. Content yang diminta pada URL tersebut dinamakan "Internet Object" atau disingkat object. Pertama ia akan bertanya terlebih dahulu kesebuah DNS (Domain Name Server). DNS mencari IP address dari www.google.com dari databasenya dan mencari IP address dari www.google.com dari databasenya dan memberikan jawaban kepada browser yang kita gunakan. Setelah browser mendapatkan IP address, maka ia membuka hubungan http ke web server tujuan. Web server mendengarkan adanya permintaan dari browser lalu memberikannya content yang diminta. Setelah browser menerima content dan hubungan dengan web server bisa diputus. Content lalu ditampilkan dan disimpan dalam hardisk.


Content yang disimpan dalam hardisk biasanya disebut cache object yang nantinya akan digunakan jika pengguna kembali mengunjungi site yang sama, misalnya dengan menklik tombol back atau melihat history. Dalam kunjungan berikutnya, browser akan memeriksa validasi content yang disimpannya. Validasi ini dilakukan dengan membandingkan header content yang ada pada chache object dengan yang ada di web server. Jika content belum "basi" atau expired, cache object tadi yang akan ditampilkan browser. 

Semua browser (Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera dll) mempunyai fitur cache seperti ini. IE 5.x mempunyai fitur baru tentang caching ini. Jika IE mengunjungi site yang sama berulang-ulang, maka IE tidak akan mendownload ulang static image walaupun text pada site sudah berubah atau dengan kata lain IE lebih cerdas dalam mengatur validasi pada objek tertentu saja.

Cache object yang tersimpan  dalam hardisk lokal ini hanya bisa dipakai oleh penggunanya sendirian, tidak bisa dibagi kepada pengguna lainnya. Jika cache object tadi disimpan pada sebuah server, dimana semua komputer terhubung dengan server tersebut, cache object bisa dipakai bersama-sama. Server ini dinamakan Cache server. Cara kerjanya sama dengan cache hardisk lokal tetapi dalam lingkup yang lebih besar yang server. Cache server merupakan salah satu dari jenis proxy server. Melihat dari namanya, cache arti umumnya adalah tempat penyimpanan sementara. Dalam kenyataannya, cache server berfungsi sebagai tempat di mana "Internet Object" disimpan. 

Mudah-mudahan info ini berguna bagi teman-teman. :)
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

1 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 Jaringan Ilmu Pengetahuan | 2012 Templates
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top