Friday, April 30, 2010

Sejarah Sistem Operasi Komputer

Sejarah Sistem Operasi

Sistem operasi apa yang Teman-teman ketahui? Jawabannya mungkin: Ms DOS, Windows 95, Windows 98, Windows 98, Window XP, Linux, Macintosh. Sistem operasi di atas merupakan contoh-contoh sistem operasi untuk komputer pribadi yang populer dalam dasawarsa terakhir ini.

Sesungguhnya, masih banyak sistem operasi lain yang berjalan pada berbagai platform komputer, baik dariyang berukuran  besar maupun yang berukuran kecil. Contohnya adalah sistem operasi untuk mini-komputer seperti OS/360, sistem operasi untuk server jaringan seperti Windows 2003 server, UNIX, Novell Netware, dan sistem operasi realtime untuk sistem multimedia seperti VxWorks dan QNX.

Selain itu, sistem operasi dapat ditemukan pada peranti yang berukuran lebih kecil seperti PalmOS, Windows CE dan Symbian. Sistem operasi juga terdapat Embedded System seperti televisi, microwave, maupun telepon seluler. Embedded system merupakan sistem yang menggunakan pengontrol mikro, bentuk minimalis dari komputer, untuk mengendalikan kerja perantinya. Bahkan sistem operasi dapat pula ditemukan pada smart card. Berbeda dengan magnetic card (misalkan kartu debit ATM), smart card memiliki prosessor dan memori di dalamnya. Beberapa smart card menggunakan JVM (Java Virtual Machine) sebagai sistem operasinya.

Sistem operasi yang ada hari ini merupakan suatu hasil evolusi yang sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi dan arsitektur perangkat keras komputer selama bertahun-tahun. Sistem komputer digital yang pertama dirancang oleh Charles Babbage (1792-1871), seorang ahli matematika Inggris. Seumur hidupnya, dia berusaha membangun mesin analitis menggunakan peranti mekanik berupa gigi dan roda. Sayangnya teknologi pada generasinya tidak memadai untuk mewujudkan impiannya. Perkembangan komputer selanjutnya akan dibahas pada postingan selanjutnya..



0 comments:

Post a Comment