Tuesday, April 13, 2010

Era Sistem Komputer

Hai..teman-teman kali ini kita akan membahasa era sistem komputer atau sejarah sistem komputer. Oke kita langsung ja ya!
sampai saat ini, secara garis besar terdapat dua era teknologi perangkat bantuk komputasi yaitu :
  1. Era mekanis
  2. Era Elektron
1. Era Mekanis
  • Lima ratus (500) tahun sebelum masehi, manusia telah mulai mengembangkan alat bantu perhitungan, yaitu ABACUS di Cina.
  • Tahun 1642, Blaise Pascal membangun penjumlahan/pengurangan mekanis.
  • Tahun 1827, Charles Babbage membangun difference engine.
  • Tahun 1941, Konrad Zuse membangun binary mechanical computer.
  • Tahun 1944, Howard Aiken membangun electromechanical decimal computer, IBM Harvard Mark.
Mesin Zuse dan Aiken dirancang untuk maksud umum, menyelesaikan masalah sesuai program yang dimaksudkan ke mesian.
Kecepatan dan kehandalan penghitungan dengan alat mekanis terbatas karena adanya masalah-masalah sebagai berikut :
  • Adanya pergerakan bagian mekanis yang kurang cepat.
  • Perangkat dapat menjadi aus.
2.  Era Elektron
Pergerakan mekanis diganti elektron yang berkecepatan cahaya yang tidak pernah aus sehingga meningkatkan kecepatan dan kehandalan.

Berikut ini adalah era perkembangan komputer.

  1. Generasi pertama (1945-1954), teknologi dan arsitektur komputernya berupa tabung vakum dan memori relay, pemroses dituntun program counter dan akumulator, aritmatika fixed point. Perangkat lunak dan aplikasi berupa bahasa mesin/assembly, pemakai tunggal, tidak ada subrutin, I/O programmed menggunakan pemroses. Sistem yang mewakili berupa ENIAC, Princeton IAS, IBM 701.
  2. Generasi kedua (1955-1964), teknologi dan arsitektur komputer berupa transistor diskrit dan memori core, aritmatika floating-point, I/O processors, pengaksesan memori multipleks. Perangkat lunak dan aplikasi berupa bahasa tingkat tinggi digunakan, pustaka subrutin, monitor batch processing. Sistem yang mewakili berupa IBM 7090, CDC 1604, dan Univac LARC.
  3. Generasi Ketiga (1965-1974), Teknologi dan arsitektur komputer berupa SSI/MS IC, mikroprogramming, pipelining, cache, lookahead processors. Perangkat lunak dan aplikasi berupa bahasa sistem operasi multiprogramming dan timesharing, aplikasi multiuser. Sistem yang mewakili IBM 360/370, CDC 6600, TI-ASC, PDP-8.
  4. Generasi Keempat (1975-1990), Teknologi dan arsitektur komputer LSI/VLSI dan memori semikonduktor, multiprocessors, superkomputer vektor, multikomputer vektor, multikomputer. Perangkat lunak dan aplikasi sistem operasi multiprocessor, kompilator, lingkungan untuk pemrosesan paralel. Sistem yang mewakili VAX 9000, Cray X-MP, IBM 3090, BBN TC 2000.
  5. Generasi Kelima (1990 - ), Teknologi dan arsitektur komputer berupa pemroses, memori dan switch ULSI/VHSIC, pemaketan berkepadatan tinggi, arsitektur yang dapat diskala. Perangkat lunak dan aplikasi berupa MPP (messively Parallel Processing), aplikasi dengan tantangan tertinggi, pemrosesan heterogen. Sistem yang mewakili berupa Fujitsu VPP500, Cray/MPP, TMC/CM-5, Intel Paragon.

1 comment:

  1. Wah wah wah,... makasih mas atas infonya,,, sangat berguna sekali...

    ReplyDelete