Tuesday, February 4, 2014

Seleksi CPNS 2014 sebelum Pilpres

Seleksi CPNS 2014 sebelum Pilpres

Jakarta, Padek—Pemerintah memas­tikan akan merekrut 100 ribu Calon Pe­gawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini. Instansi pusat dan daerah pun diberi­kan kesempatan untuk me­nga­jukan usu­lan kebutuhan pegawai baru mulai Fe­brua­ri mendatang.

“Mulai bulan depan, dae­rah dan instansi pusat sudah bisa memasukkan us­u­lan kebutuhan pegawai. Karena Ma­ret sudah kita tetapkan formasinya,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Ne­gara dan Reformasi Biro­krasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar di kan­tornya, Ka­mis (30/1).

Dalam rekrutmen CPNS 2013, pe­ser­­ta tidak perlu membawa berkas lagi. Se­muanya menggunakan sistem on­line. “Kalau mau mendaftar cukup le­wat online saja tidak perlu kirim lewat pos atau datang ke instansi. Ini untuk me­mudahkan pelamar juga,” ujarnya.

Dengan penetapan formasi CPNS pa­da Maret mendatang, lanjut politisi PAN ini, masyarakat punya kesempa­tan un­tuk mem­persiapkan diri sejak April-Ju­ni. Se­bab, pemerintah mere­n­cana­kan se­lek­si CPNS digelar sebelum atau sesu­dah pi­l­pres Juli 2014.

”Saya pe­ngennya seleksi bisa cepat dilak­sa­na­kan. Maka­nya daerah kalau butuh pe­ga­wai baru ya segeralah menyiap­­kan usu­lan. Kita siapkan kuota mak­simal 100 ribu untuk tahun ini,” tandasnya.

Berpedoman kepada taha­pan seleksi CPNS 2013 lalu, ta­ha­pan seleksi CPNS jalur umum yang diumumkan Agus­tus 2013, kala itu menjadwalkan 20 hari proses seleksi surat la­ma­ran mulai 1 September 2013. Ujian tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bi­dang (TKB) dilaksanakan mu­lai 29 September 2013, atau sekitar se­­pekan setelah seleksi surat la­ma­ran selesai dilakukan.

Seleksi menggunakan sis­tem komputer atau computer as­sested test (CAT) bagi pelamar umum dan tenaga honorer ka­te­­gori II, kala itu dilaksanakan 3 No­vem­ber 2013. Sedangkan CPNS yang berasal dari jalur se­ko­­lah ke­dinasan, dilak­sanakan an­­tara September-Oktober 2013.

Selanjutnya, pada pekan per­tama sampai pekan keem­pat November 2013 dijad­wa­l­kan pengolahan hasil TKD dan TKB, sehingga pada pekan ke­em­pat November dan pekan ke­tiga Desember hasil seleksi CPNS sudah bisa diumumkan.

Nah dengan demikian, total wa­k­tu yang dibutuhkan untuk pro­­ses seleksi mulai pengu­mu­man formasi hingga pe­ngu­muman hasil seleksi CPNS seki­tar 4 bulan. Jika Maret 2014 men­datang Kementerian PAN-RB membuka lowongan CPNS dan proses perekrutan CPNS ber­ulang seperti tahun 2013, ma­ka bisa diduga pengu­mu­man hasilnya akan dilakukan pa­da Juli 2014.

Source
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

4 komentar

  1. Info yang bermanfaat, thanks dah share

    ReplyDelete
  2. (Srimuliani Handoyokusumo; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Berau)

    Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

    Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

    2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

    3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

    4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0852-3687-2555.

    ReplyDelete
  3. maaf pak admin
    mau nanya, kapan dimulai pendaftaran cpns 2015 nya

    ReplyDelete

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 Jaringan Ilmu Pengetahuan | 2012 Templates
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top