Monday, August 9, 2010

7 Tips Efektif Membuat Skripsi/Tesis

Banyak sekali di antara pembaca dan sobat blogger dan termasuk saya memikirkan tentang masalah skripsi ini, saya juga banyak belajar dan mencari informasi tentang pembuatan Skripsi ini. Di bawah ini saya akan sharing pada pembaca 7 tips mengerjakan skripsi/tesis. Berikut tips untuk mengerjakan skripsi/tesis tersebut:

1. Pilih topik anda lebih awal. Bila anda mengambil program sarjana 4 tahun maka idealnya ketika memasuki semester ke-8, anda sudah harus memulai memilah-milah topik skripsi apa yang akan anda kerjakan. Anda akan membutuhkan sekitar 4-6 bulan untuk membaca, me-research dan menulis skripsi anda. Pilih topik yang tepat untuk anda. Ini berarti pilihlah topik yang menarik minat anda atau topik yang anda kuasai. Hal ini akan menjadi motivasi tersendiri dalam proses penyelesaian skripsi anda. Topik skripsi bisa anda dapatkan di internet. Salah satunya dari website
http://www.skripsitesisku.com/?id=solusi
(Klik "Produk" di menu sebelah atas)

3. Buatlah gambaran awal (outline) mengenai perangkat lunak yang akan anda buat. Spesifikasi program, kerumitan, fasilitas, manfaat dan tujuan dari perangkat lunak harus diperjelas. Gambaran awal dapat juga dilakukan dengan melakukan research (penelitian) terhadap topik anda. Hal ini perlu dilakukan supaya anda memiliki gambaran terhadap apa yang akan anda kerjakan. Research dapat dilakukan dengan mencari bahan-bahan di internet atau dengan membaca teori dan konsep dari buku2.

4. Konsultasikan dan ajukan proporsal skripsi anda kepada dosen / ketua jurusan. Buat proporsal skripsi anda dan konsultasikan ke dosen anda. Di sini, anda perlu menjelaskan apa yang akan anda buat di dalam skripsi anda. Bila proporsal anda diterima, maka ini merupakan langkah awal dalam mengerjakan skripsi anda. YES … :)

5. Carilah dosen pembimbing atau teman-teman yang dapat membantu anda. Cari dosen pembimbing yang menguasai topik anda, dapat memberikan saran, membantu dan membimbing anda (Tapi saya akui realitanya sulit sekali :( karena rata-rata semua dosen hanya bisa mengkritik dan bukannya membimbing secara penuh). Alternatif lain adalah cari teman yang dapat membantu anda. Semakin cepat anda menemukannya akan semakin baik.

6. Kumpulkan semua referensi yang berhubungan dengan skripsi anda. Apakah itu teori ataupun program jadi yang akan membantu pengerjaan skripsi anda? Ini akan memudahkan anda dalam mengerjakan skripsi. Untuk ini, anda bisa cari di internet. Mana tau ada program jadi yang sudah pernah dibuat orang lain dan ditawarkan di internet? h3x :) Great … great … Referensi bisa juga berupa skripsi-skripsi senior anda yang membahas topik yang satu jalur dengan topik anda.

7. Jangan lupa untuk menyiapkan "Dana Perjuangan". Jangan sampai di tengah jalan, pengerjaan skripsi atau tesis terhenti karena bensin dana ini habis.hehehe

Semoga 7 tips ini bermanfaat.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

3 komentar

  1. thanks kawan infonya, sy btuh nih krn sy jg lagi mau nyelesain skripsi sy yg tertunda, haha...

    ReplyDelete
  2. waaaaduuuuuuuuuh...........
    jd keinget skripsi deh stlh baca artikel ini....!!!
    thx for sharing kawand...
    mulai semangat lg ngerjain skripsi..ehehhe

    futsal memang mengasikan...
    :D
    ayo maen futsal dislo kawand...
    sambil ngabuburit...
    hehhee..

    SALAM BERKAWAND ,,,,..

    ReplyDelete
  3. Nice Post Jangan Lupa Kunjungi Kembali Blog Saya https://jasaskripsidisurabaya.wordpress.com/

    ReplyDelete

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 Jaringan Ilmu Pengetahuan | 2012 Templates
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top